Deklarasi Kelapa Adventures di Puncak Rante Mario Pegunungan Latimojong 11-12-2013

10 para petualang menuju puncak rantai mario pegunungan latimojong 3478 mdpl
Ini adalah pendakian pertamaku setelah vakum 4 tahun dalam petualangan di gunung. Awal mulanya setelah melihat postingan dan gambar teman SMP di media sosial faceb**k, saya tertarik dengan view gunung yang mereka daki. Saya mengomentari gambar mereka dan mereka kebetulan akan membuat suatu komunitas pendaki yang di dalamnya orang tertentu, kesamaan sifat, keiginan, dan tujuan yang sama. Mereka mengajakku bergabung dalam komunitas tersebut dan saya bersyukur bisa ikut didalamnya.

Nama komunitas itu bernama Kelapa adventures, dimana deklarasinya atau pengukuhan nama itu di selenggarakan di Puncak Rante Mario Pegunungan Latimojong Kab. Enrekang ,Indonesia tepat tanggal 11 Desember 2013. Tanggal yang cantik (11-12-2013). Beranggotakan 8 orang (6 pria dan 1 wanita sebagai pendiri) + satu orang anggota baru pada bulan januari.

7 Pendiri Kelapa Adventures

Rute dan Waktu Perjalanan

1.  Sabtu, 7 desember 2013
Saya turun dari kota Makassar ke kota Parepare pada jam 5 sore dan sampai di kota parepare jam 8 malam. Malam harinya packing untuk keberangkatan besok ke kota enrekang.
2. Minggu, 8 desember 2013
Setelah sarapan pagi dan berdoa tepat jam 10 pagi kami berangkat dari kota Parepare ke kota Enrekang melalui jalur kota Pinrang lalu Enrekang dengan kendaraan roda dua yang beranggotakan 10 orang. Sesampainya di Kota Enrakang tak lupa membeli ransum (bahan makanan) seperti sayuran guna kebutuhan energy saat pendakian. Dan tak lupa membeli wortel cemilan favoritku…
Setelah Ashar atau sekitar pukul 4 kami melanjuti perjalanan ke desa Karangan, desa terakhir untuk start awal pendakian. Sekitar 2 jam perjalanan untuk menuju desa terakhir tersebut karna rute perjalanan yang begitu fantastis, track jalan yang rusak, berlumpur akibat hujan. Butuh konsentrasi yang matang untuk rute ini. Salah-salah akan berdampak buruk bagi tim kami, jalan yang rusak dan berlumpur, tanjakan yang tinggi dan berliku-liku serta jurang di pinggi jalan sepanjang rute. Akhirnya sampai di desa terakhir pada jam 7 malam Desa karangan. Dan bermalam di rumah Kepala Desa tersebut.
Track jalan yang berlumpur untuk menuju desa Karangan
Jalur track yang menghambat perjalanan
3. Senin, 9 desember 2013
Setelah sarapan dan berdoa kami start jam 7 pagi dan tiba di pos 1 jam (08.45), pos 2 jam (10.45). Rute start sampai pos 2 menguras habis tenaga. Di pos 2 sempat istirahat dan sarapan lagi.
Jam (12.09) sampai di pos 3, pos 4 jam (13.05), dan pos 5 jam (14.30). Di pos 5 lah kami mendirikan tenda karna kondisi fisik dan tenaga sudah menurun di tambah cuaca yang kurang mendukung.
Camp suasana malam di pos 5
Sarapan Pagi di Camp pos 5
4. Selasa, 10 desember 2013
Jam (10.23) kami mulai start, tiba di pos 6 jam (11.05), dan pos 7 jam (13.25). Di pos ini lah kami mendirikan tenda kembali. Rencana ke Puncak Mario untuk melihat sunset batal akibat cuaca buruk, bahkan kabut pun menutupi view di lokasi ngecamp tsb. Kami berharap ke esokan harinya tangal cantik 11-12-2013 akan mendapat pemandangan cantik yang diperlihatkan dari gunung latimojong ini.
Hutan lumut menuju pos 6
Pos 6 menuju Puncak Rante Mario
5. Rabu, 11 desember 2013
Tuhan mendengar doa kami, kami diperlihatkan pemandangan yang begitu mempesona, cuaca pada pagi itu sangat baik... Ada rasa kekaguman sendiri saat berada di puncak. Rasa lelah hilang setika. Ciptaan Tuhan yang begitu wonderful menciptakan rasa syukur sebesar-besarnya terhadap ciptaanNya. Tangaal cantik 11-12-2013 nama Kelapa Adventures (Keluarga Penikmat Alam) resmi terbentuk.
Jam 10 kami pun packing dan siap turun kembali. Dan hujan kembali menghampiri kami. Di pos 5 kakiku sudah tidak mampu berjalan. Bahkan mereka semua lelah. Yang tadinya Tas Carrier yang saya bawa berubah menjadi Daypack kecil karna tak mampu berjalan lagi.
Sampai di desa karangan jam 7 malam, karna di post 2 tadi kami menghabiskan waktu 2 jam untuk istirahat. Ke esokan harinya baru kembali ke Kota Parepare
Telaga dekat Camp terakhir yang jarang di jumpai sebagian pendaki
Puncak Rante Mario 3478 mdpl
Pesona Alam Puncak Mario model by Simon
Pesona Alam Puncak Mario model by Wardi
Pesona Alam Puncak Mario model by Pian
Amazing, itu yang bisa saya katakan. Track dari desa kedesa serta pemandangan yang begitu wonderful saya dapatkan. Serta memper erat hubungan saya dengan ke dua sahabat saya dari SMP. Dan menambah pertemanan baru dari mereka.

Di antara mereka, mungkin sayalah yang paling lemah selama pendakian, arti kata kekuatan mereka lebih unggul di banding saya. Tapi syukur Alhamdulillah bisa sampai di Puncak Rante Mario Pegunungan Latimojong yang disebut Atap Sulawesi, Puncak Tertinggi di Pulau Sulawasi. Indonesia