Yokyakarta / Jogja

Candi Borobudur

Lanjutan dari Surabaya kemarin,
Tiba di Kota Jogja pada jam 1 pagi, langsung mencari penginapan murah di sekitar jl.malioboro. Dan akhirnya dapat hotel Kartika dengan tarif kamar untuk 2 orang 100rb + kamar mandi dalam. Kami sengaja mengambil penginapan disekitar malioboro karena tempat tersebut tidak pernah sepi.

Keseokan harinya, dengan rental sepeda 20rb/hari dengan modal peta handphone, saya sendiri menyusuri tempat-tempat menarik seperti keraton, dan tempat-tempat unik lainnya. Siang harinya mencoba mengadu nasib bersama teman-teman di Pohon Beringin. Kata penduduk setempat, bila kita berjalan dengan mata tertutup dan dapat berjalan lurus ditengah kedua pohon beringin tersebut tanpa melenceng dan salah arah, berarti nasib kita baik. Itu kata mereka, tapi kami hanya mencobanya sebagai permainan. Dan kami tidak ada yang benar-benar bisa melewatinya, Ada yang menabrak dinding pembatas pohon, dan ada pula yang mengarah keluar lintasan. Malam harinya ke Alun-Alun malioboro.

Nah esok harinya ke Candi borobudur dengan merental dua buah sepeda motor, harga satu motor 60rb/hari. Menurut peta, lokasi candi borobudur hanya lurus-lurus saja dari jalan malioboro, tapi karna jalannya bukan 2 arah, jadi harus mutar-mutar. Untuk itu kalian harus banyak bertanya dijalan untuk menemukan candi tersebut. Biaya masuk ke candi borobudur 30rb/orang. Tips saya yang ingin ke candi borobudur siang hari, pakailah baju tipis dan dingin. Kalau perlu sediakan payung sendiri karena disana panas sekali.

Duit menipis dan rencana ke Jakarta batal, kami sepakat untuk kembali ke Makassar keesokan harinya dari Surabaya. Karena tiket disana yang paling murah, dapat 480rb.

keraton jogja

ibu-ibu yang sedang membatik pola dasar pada kain putih

kuliner jajanan malam

musik jalanan jogja

makanan favoritku wedang ronde

malioboro jogja

candi borobudur dari arah selatan

tidur ikan di bandara juanda surabaya

Perjalanan ini begitu menyenangkan, sekali jalan dapat 3 kota, tapi dompet menangis. Semoga tahun berikutnya bisa kembali kesini.

Selamat berlibur untuk kalian semua. ^_^
Nantikan perjalananku di kota-kota lainnya......