Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan

Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan

Pantai Tanjung Bira sangat indah dan memukau dengan pasir putihnya yang lembut seperti tepung terigu. Di lokasi, para pengunjung dapat berenang, berjemur, diving dan snorkling. Para pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam di satu posisi yang sama, serta dapat menikmati keindahan dua pulau yang ada di depan pantai ini, yaitu Pulau Liukang dan Pulau Kambing.  
Tanjung Bira terletak di daerah ujung paling selatan Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba.

Tanjung Bira terletak sekitar 40 km dari Kota Bulukumba, atau 200 km dari Kota Makassar. Perjalanan dari Kota Makassar ke Kota Bulukumba dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum berupa mobil Kijang, Panther atau Innova dengan tarif sebesar Rp. 35.000,-. Selanjutnya, dari Kota Bulukumba ke Tanjung Bira dapat ditempuh dengan menggunakan mobil pete-pete (mikrolet) dengan tarif berkisar antara Rp. 8.000,- sampai - Rp. 10.000,-. Total waktu perjalanan dari Kota Makassar ke Tanjung Bira sekitar 3 - 3,5 jam. 

Jika pengunjung berangkat dari Bandara Hasanuddin, langsung menuju ke terminal Malengkeri (Kota Makassar) dengan menggunakan taksi yang tarifnya sekitar Rp. 40.000,-. Di terminal ini kemudian naik bus tujuan Bulukumba atau yang langsung ke Tanjung Bira.

Di kawasan wisata Tanjung Bira, angkutan umum beroperasi hanya sampai sore hari. Jika pengunjung harus kembali ke Kota Makassar pada sore itu juga, di sana tersedia mobil carteran (sewaan). Biaya tiket masuk ke lokasi Pantai Tanjung Bira sebesar Rp. 5.000,-.

Nah diatas tadi itu untuk orang awam yang belum pernah kesana. 
Kami sudah lama merencanakan liburan ini, tetapi  berbagai halangan yang muncul mengambil kesempatan kami. Kami kesana merental mobil 500rb untuk 2 hari dengan jumlah personil 6 orang. Dan menginap di salah satu rumah kerabat teman kami. 

Ada duka dan kesenangan yang kami alami. Kesenangannya yaitu kami bisa menikmati pantai tanjung bira, naik banana boat, dan bermain pasir layaknya anak kecil. Tapi sayangnya salah satu teman kami bernama zany sekaligus tuan rumah disini tidak bisa menikmati keindahan tersebut karena dia demam.

sekelompok manusia penggila pantai 

 mantap

 main pasir-pasir

Lagi main banana boat

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.